Halaman

NEW POST!

Publikasi Baru di Jurnal My Food Research

Senang sekali bisa berkesempatan untuk berkontribusi sebagai co-author bersama Ibu Putri Widyanti Harlina, S.Pt., M.Si., M.Eng., Ph.D. dan ...

Rabu, 21 Maret 2018

BEBERAPA ISTILAH DALAM INTERNET

Hai Readers!
Kali ini saya akan membahas tentang beberapa istilah-istilah yang ada dalam internet. Tentunya readers sekalian harus mengetahui dong apa saja bahasa-bahasa internet yang sering kita dengar bahkan sering kita ucapkan kepada yang lain. Simak penjelasannya!
sumber: images.google.com
1. Log In/Sign In
   Log In atau Sign In adalah proses untuk memasuki suatu aplikasi/website tertentu dengan menggunakan akun.
2. Log Out/Sign Out
    Log Out atau Sign Out adalah proses untuk mengeluarkan akun dari aplikasi/website tertentu. Lakukan hal ini apabila telah selesai menggunakan komputer, apalagi jika Readers menggunakan fasilitas warnet.
3. Chat
    Merupakan fasilitas yang memungkinkan pengguna aplikasi/internet bisa berkirim pesan secara langsung tanpa jeda (Realtime). Zaman sekarang sudah menjamur aplikasi chatting seperti WhatsApp, LINE, KakaoTalk dan lain sebagainya.
4. Encryption
    Memungkinkan pesan (chat) yang kita terima dan kirim tidak dapat diakses oleh siapapun, sekalipun itu oleh penyedia layanan aplikasi chat.
5. Firewall
    Sistem keamanan internet yang berfungsi untuk melindungi sebuah jaringan kecil terhadap jaringan yang lebih luas.
6. History
    Merupakan riwayat website yang sudah dikunjungi oleh pengguna, dapat menampilkan beberapa website yang sudah diakses.
7. Sign Up
    Istilah ini sudah tidak asing, Sign Up adalah proses untuk meregistrasi atau mendaftarkan akun yang berisi tentang informasi pribadi kita agar dikemudian hari kita bisa mengakses website tersebut.
8. Surfing
    Surfing adalah aktivitas berselancar atau menjelajahi internet, untuk sekedar membaca sesuatu ataupun yang lainnya. Mungkin yang anda lakukan (membaca postingan ini) juga sedang surfing.
9. Thread
    Thread adalah serangkaian surat atau postingan yang ada dalam forum diskusi internet. Hal ini dipopulerkan oleh para pengguna kaskus pada masanya.
10. Username
      Nama pengguna yang ada di suatu aplikasi/website.
11. Virtual Private Network (VPN)
      Jaringan yang sebagian di antaranya terhubung dengan internet, tetapi di sisi lain lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami pengacakan (proses enkripsi) sehingga mengakibatkan network secara private/virtual (tertutup)
12. Web Designer
       Web Designer adalah seorang yang mampu dan ahli dalam mendesain sebuat website agar terlihat menarik dan bisa menarik perhatian pengunjung internet.
13. Web Developer
      Web developer adalah orang yang mahir dalam bahasa pemrograman yang memungkinkan untuk membuat website sesuai dengan keinginan.
14. Web Hosting
      Perusahaan yang menyediakan layanan untuk berbagi tempat penyimpanan suatu data/informasi pada sebuah website.
15. Netizen
      Netizen adalah para pengguna internet, hal ini sebetulnya sudah populer ketika menjamurnya aplikasi yang memungkinkan alur informasi tersebar dengan cepat. Indonesia sendiri, istilah ini populer dengan sebutan "Warganet" dan "Netisen". Jangan berani looh sama netizen Indonesia, dalam beberapa kasus di Instagram, tercatat akun Pak Presiden @jokowi pada salah satu postingannya diserbu oleh netizen hingga mencapai angka komentar 700.000.

Itulah beberapa istilah yang mungkin Readers baru tahu atau mungkin sudah tahu. Jadi belum sah jadi "netizen yang budiman" kalau belum tahu istilah-istilah ini. Semoga bermanfaat. Salam Olahrasa!

Disadur dari: SISWA MASTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar