Halaman

NEW POST!

Publikasi Baru di Jurnal My Food Research

Senang sekali bisa berkesempatan untuk berkontribusi sebagai co-author bersama Ibu Putri Widyanti Harlina, S.Pt., M.Si., M.Eng., Ph.D. dan ...

Kamis, 08 Maret 2018

SEJARAH INTERNET

Berbicara tentang teknologi, tentunya kita sudah mengetahui bahwa kemajuan teknologi hari ini sudah berkembang sangat pesat. Terutama dengan adanya internet. Internet sendiri adalah interconnection networking. Merupakan jaringan yang saling terhubung dan menggunakan Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol untuk pertukaran paket, atau sering juga disebut dengan packet swithcing communication protocol. Namun bila kita lihat, bahwa hadirnya internet tidak lepas dari sejarah para ilmuwan di bidang teknologi komunikasi informasi yang telah berjasa dalam menghadirkan internet. Pembaca, kali ini kita akan meringkas sejarah singkat internet.

1.    Masa Pengkonsepan


Pada masa ini, tepatnya pada Agustus tahun 1962 cikal bakal internet dikonsep oleh J.C.R. Licklider yang merupakan orang dari Massachusetts Institue of Technology (MIT). Awalnya konsep yang dikemukakan ialah Intergalactic Network (konsep jaringan komputer). Hal ini memungkinkan orang akan mengakses data dan program lintas waktu.

2.    ARPANET

Merupakan proyek dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengakomodir informasi tentang pertahanan Negara pada waktu itu sekitar rentang tahun 1962-1966. Salah satunya untuk menghindari pemusatan informasi tentang nuklir. Konsep ARPANET ini sudah menggunakan protokol yang disebut Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP).
a.    Perkembangan Tahun 1967
Pada tahun ini ARPANET dikenalkan kepada publik sebagai kemajuan teknologi terbaru.
b.    Perkembangan Tahun 1969
Pada tahun ini ARPANET sudah terkoneksi kepada 4 komputer yang diantaranya berada di University of California Los Angeles, Standford Research Institute, University California Barbara dan University Utah.
c.    Perkembangan Tahun 1971-1979
Pada tahun 1972 saat itu Ray Tomlinsen membuat program yang memungkinkan adanya surat elektronik dan dikirim ke ARPANET. Ia juga merancang user@host. Pada tahun 1977 jumlah komputer yang terhubung sudah ada 111 buah. Lalu pada tahun 1978 ditemukanlah program untuk mentransfer file.

3.    Munculnya istilah domain (WWW – World Wide Web)

Kemudian di tahun 1986 sistem nama domain mulai diperkenalkan ke public, atau saat ini disebut Domain Name System yang berfungsi untuk pemberian nama alamat internet yang sampai tahun 2000 internet berkembang dengan pesat.



Sampai hari ini kita ketahui internet sudah mendunia, bahkan menjadi media yang efektif untuk menyebarkan informasi, edukasi bahkan dalam sector politi, ekonomi dan lain sebagainya sudah berbasis internet.

dirangkum dari: DIGIYAN
diakses pada: Kamis, 8 Maret 2018 Pukul 8.05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar